WELCOME! thank you so much for visiting this amateur blog, i hope you like it :) and don't forget to leave some comments. enjoy! -the owner

presentasi AKTUAL

1/16/2009 03:41:00 am Edit This 0 Comments »
kawan-kawan, gw udah pernah nyeritain dulu gw kayak ada aktual atau studi lapangan gitu kan? naah dari kegiatan itu, kita disuruh bikin makalah sesuai sama tema yang kita pilih. kelompok gw milih tema hidroponik, jadi itu tu artinya menanam tanpa media tanah (cieeeee gw afal hahahaha). trus kamis kemaren kita disuruh presentasiin makalah kita itu. pertamanya gw sama sekali ga deg-degan. karna gw pikir, yah gitu doanglah, gw kebagian ngomongnya juga cuma dikit. dan kalo ga afal-afal banget kan bisa agak-agak liat layar juga kaaan. GATAUNYA itu ada jurinya, trus jurinya 2 orang dari luar, 2 lagi kaka OSIS. jadi kita dinilai, nanti yang nilainya paling tinggi dari tiap kelas diambil lagi buat final. WEW gw gatauuuuuuuu mana kelompok gw dapet nomer ururt satu lagi. akhirnya jadilah gw deg-degan. tapi ga deg-degan banget juga si. presentasinya kan pas pulang sekolah gitu. Alhamdulillah si, gw ga ada yang lupa trus lumayan lancar juga. kelompok gw juga kayaknya fine fine aja. sampe pas terakhir, bu tina (guru sejarah, penanggung jawab gitu dikelas gw) bilang gini, "ya, sekarang dibuka sesi pertanyaan untuk para juri, mohon maaf peserta tidak bisa berpartisipasi". OH MY GOOOOODD. tapi gw masih, relaaaaaax gw juga udah belajar-belajar kan semalemnya. nah pertanyaannya gini, yang pertama dari juri cowo, kedua dari juri cewe, ketiga dari kaka OSIS:

1. "tadi dibilang bahwa aeroponik itu ditanam tidak dengan tanah. jadi darimana tanaman itu mendapat nutrisi tanah seperti zat hara, dll?
2. "menurut kalian, mana yang hasilnya paling bagus dari sistem DFT (deep floating tehnique, kalo ga salah) dan NFT (nutrient film tehnique)? dan berikan alasannya"
3. "kenapa kalian memilih tema ini dan bukan tema yang lain?"

HAH susah-susah banget gilaaaaaaaaaa gw baru denger pertanyaan pertama aja udah stress duluan gitu. trus kita diskusi untuk jawabnya. gw lumayan ngerti no.1 jadi gw jawab yang itu. gini ni kita jawabnya, yang 1 gw, 2 ziyad, 3 haura:

1. "jadi aeroponik itu tidak dari bibit sampe besar ga pake tanah terus, itu cuma pas tanaman tersebut masih kecil. ketika sudah besar maka ditanam di tanah juga, jadi tetap mendapatkan nutrisi dari tanah" tapi rupanya jawaban gw mungkin dikira ga jelas, trus dia nanya lagi "maksud saya, darimana tanaman itu dapat nutrisi waktu masih kecil?" gw jawab lagi "jadi tanaman itu dialiri air yang udah dikasih pupuk" trus nanya lagi "setau saya aero itu angin, kenapa jadi air?" gw mulai bingung, tapi tetep gw jawab "walaupun angin, tapi ini tetap sistem dari hidroponik jadi pasti menggunakan air juga" YA ALLAH akhirnya dia berenti nanya
2. "menurut saya yang lebih bagus itu adalah NFT atau nutrient film tehnique yang akar tanamannya itu hanya sekedar basah" trus jurinya nanya lagi "jadi menurut kalian tanaman yang akarnya hanya sekedar basah tumbuh kebih bagus dibanding yang terendam semua akarnya?" JENG disitu kita udah mulai stress, kita mikir ko kayaknya jawaban kita salah yaaaa haduh haduh. yaudah sama ziyad diiyain aja wahahaha
3. "kita milih tema ini karna menurut kita menarik, terus hal ini belum terlalu dikenal jadi bagus untuk diketahui. terus hidroponik ini juga bisa untuk mambantu orang-orang yang rumahnya halamannya sempit, karena salah satu manfaat hidroponik adalah mengatasi keterbatasan lahan. dan rumah orang sekarang sering yang halamannya sempit". Alhamdulillah, kaka OSISnya ga tanya-tanya lagi

haaaaaaaaaah akhirnya selesai. terus tadi pagi diumumin siapa yang terbaik. yaaah kelompok gw ga menang. tapi seenggaknya kita udah usaha. YA NGGA TEMAN-TEMAAAAAAAAN??

0 komentar: